SEPAK BOLA TUNA NETRA

Sedikit share neh !!!

Buat teman-teman yang punya Saudara, Teman atau Tetangga yang menyandang cacat netra (buta).. bisa diarahkan ke Panti Sosial Bina Netra (PSBN)..

PSBN adalah salah satu wadah bagi penyandang cacat netra yang berada di bawah Departemen Sosial.. Panti ini merupakan lembaga yang mempersiapkan para penyandang cacat netra agar memiliki berbagai pengetahuan & keterampilan utk dapat hidup secara wajar sebagai warga negara & anggota masyarakat..

——–

Beberapa teman saya yang Tuna Netra juga ada yang lulusan PSBN / RSCN Malang.. dari cerita mereka, selama mereka di asrama (lebih dari dua tahun) tidak dipungut biaya sama sekali.. makan sehari tiga kali.. dapat sabun, shampo, pasta gigi.. dapat kelas bimbingan fisik, mental, sosial, ketrampilan usaha / kerja, praktek belajar kerja, pembinaan operasional komputer braille.. cara jalan pake tongkat pun juga diajarin..

PSBN juga melakukan / memiliki akses untuk menyalurkan siswanya yang punya bakat olahraga ke dalam Badan Pembina Olahraga Cacat.. salah satu atletnya yang saya kenal adalah saudara SUNOTO berasal dari cabang olahraga Atletik.. baru-baru ini Sunoto “merasakan” manfaatnya pernah dibina dalam Panti Sosial Bina Netra (PSBN / RSCN)..

Sunoto mewakili Provinsi Jawa Timur dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Penyandang Cacat tanggal 27 – 28 Juli 2010 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.. Sunoto mendapatkan satu medali emas untuk Lari 200 meter, satu medali perak untuk Lari 100 meter, dan satu medali perunggu untuk Lompat Jauh.. Tahun depan, Sunoto akan mewakili Indonesia untuk mengikuti Asean ParaGames (Sea Games-nya penyandang cacat)..

Sunoto pun mengakuinya sendiri, kalo kehidupannya menjadi lebih baik setelah mengikuti “pembelajaran” di PSBN itu.. selain ketrampilan kerja yang didapatnya, bakatnya di dunia olahraga yang “diketahui” saat dia berada di PSBN dulu, bisa mendatangkan pemasukan untuk “ekonominya”.. baru-baru ini juga, Sunoto bisa membangun rumahnya di Malang karena uang-uang bonus yang dia dapatkan setiap menang kejuaraan..

————-

Persyaratan untuk dapat mengikuti pembinaan adalah Tuna Netra yang berusia 15-45 Tahun.. Tidak menderita penyakit menular.. Tidak cacat ganda.. Mengurus Surat Keterangan RT, RW dan Dinas Sosial setempat (kota / kabupaten) untuk mengikuti belajar mengajar di PSBN..

Untuk Wilayah Jawa Timur, berikut alamatnya :

UPT RSCN
Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Cacat Netra
Jl. Beringin No. 13
Njanti, Malang
Telpon 0341 – 326193

Kalo dari Terminal Arjosari, Malang.. naek Lyn AMG terus oper AJG..
Kalo naek kereta.. turun Stasiun Kota Lama.. terus naek becak cuma Rp 10.000,-

Untuk Wilayah Bandung ———> http://wyataguna.depsos.go.id/modules.php?name=Content&pa=showpage&pid=10

Untuk Wilayah Bali ————> http://mahatmiya.depsos.go.id/

Untuk daerah laennya.. bisa menghubungi Dinas Sosial setempat.. karena menurut cerita teman saya.. PSBN tersebar di beberapa kota..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: