DIPERKOSA KARENA KECEROBOHANNYA

Hari minggu kemaren, saya ibadah dengan tiga teman saya.. dua cowok dan satu cewek.. teman cewek saya ene, kekasih dari salah satu teman saya..

Kita duduk bersebelahan.. teman cewek saya duduk diantara saya dan kekasihnya.. dipisahkan jarak satu bangku kosong..

Ketika Firman disampaikan.. ada beberapa “kitab” yang dibuka.. ketika membuka Kejadian 32, saya mampir liat Kejadian 34 dan tanpa bersuara melihatkannya kepada temen cewek saya tersebut..

Saya sengaja melihatkan pasal tersebut.. karena nama teman saya sama dengan nama cewek yang dibahas.. teman saya tersenyum dan segera membacanya..

Kemaren sore saya membuka lagi pasal 34 dalam Kejadian itu.. mencoba “melihat sesuatu yang berbeda” dari pasal tersebut.. bukan tentang bejatnya (kesalahan) Sikhem.. bukan tentang Hemor (ayah Sikhem) yang ngga bisa “ndidik” anaknya.. bukan pula tentang Yakub dan tindakan kakak-kakak Dina.. tapi tentang Dina sendiri..

Ya.. tentang kesalahan Dina yang “turut berperan” hingga terjadinya pemerkosaan..

Kenapa kok Dina bisa sampek dilarikan Sikhem ??? Kenapa kok Dina bisa sampek diperkosa Sikhem ???

Karena Dina sendiri ngga hati-hati.. Dina ceroboh.. Dina pergi sendirian ke tengah-tengah orang kafir (ayat 1)..

Jaman itu sangat berbahaya bagi seorang cewek untuk pergi sendirian..

Kok yang cewek jalan sendirian, yang jalan bareng didampingi cowok aja.. masih “diminta buat tidur bareng” kok..

Hal itu bisa diliat dari peristiwa Sara dengan Firaun (Kejadian 12:15).. bisa diliat juga dari peristiwa Ribka dengan Abimelekh (Kejadian 26:7)..

Mestinya kan Dina bisa belajar dari (cerita) peristiwa Opa Oma-nya itu.. kalo jaman itu (apalagi sekarang) banyak cowok jatuh gara-gara matanya (perhatikan kata TERLIHATLAH dalam Kejadian 34:2).. banyak cowok ngga tahan dikit aja kalo liat cewek seksi dan ayu mempesona.. banyak cowok buas berkeliaran di luar sana..

Dina diperkosa karena kecerobohannya juga.. peristiwa Dina dilarikan oleh Sikhem ngga akan terjadi seandainya Dina didampingi.. pemerkosaan Dina bisa terhindarkan seandainya Dina ngga keluyuran sendiri..

Dalam situasi dan kondisi apapun.. seperti kerusuhan, terbawa suasana yang romantis, mabuk, dll, dsb.. tindakan pemerkosaan tetap ngga dibenarkan..

Ngga ada cewek yang layak diperkosa.. semua cewek hanya layak untuk dijaga martabatnya..

Cowok-cowok harus berusaha untuk menjaga mata dan nafsu liarnya.. harus berusaha keras menjaga martabat wanita..

Cewek-cewek pun juga mesti hati-hati.. mesti perhati’in cara berpakaian.. hindari pake pakaian yang merangsang dan kurang bahan.. hindari (menggunakan) bahasa-bahasa tubuh yang genit dan menggoda..

Perhatikan tempat-tempat kemana dan dengan siapa akan pergi.. ngga usah keluyuran ngga penting di jalan..

Jalan bareng cowok yang udah kenal sebulan lebih.. bukanlah jaminan ngga bakal diperkosa.. tu buktinya kasus terbaru (artis), beritanya juga lagi hangat kan.. awalnya hanya jalan bareng cari makan.. tapi berakhir dengan pencabulan yang mengarah pada pemerkosaan..

Perhatikan juga setiap makanan dan minuman yang ditawarkan orang laen.. jangan gampang nerima gitu aja.. udah sering banget kasus memasukan obat bius melalui minuman.. air mineral yang “bersegel” pun, bisa membius hingga tak tersadar..

Nambah cerita dikit..

Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol sama temen..

Temen saya tersebut tanya : “Kalo cewek hamil di luar nikah, yang salah cowok atau ceweknya ya ???”

Saya jawab : “yang salah ya dua-duanya”..

Lalu ada yang nimbrung ngobrol.. “yang salah ya cowoknya, ngga bisa jadi imam buat si cewek”..

Tanpa tendensi untuk merendahkan kaum wanita.. saya bahas sekalian disini tentang jawaban saya berikutnya..

Contoh Kasus (dan ene pernah terjadi) :

Kalo ada cowok yang sebelumnya ngga pernah kenal cewek, pendiam dan kutu buku.. akhirnya kenal dan deket sama cewek yang agresif.. makin lama mereka hanyut dalam cinta yang kuat seperti maut.. yang kegairahannya gigih seperti dunia orang mati.. yang nyalanya seperti nyala api Tuhan..

Lalu karena keseringannya mereka berdua.. tabiat baek si cowok, kebiasaan-kebiasaan baek si cowok mulai pudar, mulai rusak karena “pergaulan” dengan cewek agresif tadi.. dan akhirnya hamil-lah si cewek agresif..

Yang salah sapa ??? yang cowok kah ??? ato yang cewek kah ??? yang salah ya dua-duanya..

Tiap manusia telah lahir dalam keberdosaan (dosa Adam dan Hawa).. semua telah rusak karena keberdosaan itu.. semua telah mengalami kerusakan total.. ngga cowok, ngga cewek… sama-sama doyan sex-nya..

Jadi.. ngga cowok, ngga cewek.. mesti sama-sama harus berjuang.. berjuang “mengundang” Tuhan dalam hidup kita.. supaya keberdosaan dan kerusakan total itu ngga bekerja makin liar dalam hidup kita..

Mesti sama-sama berjuang agar tidak diperkosa dan memperkosa.. mesti sama-sama berjuang agar tidak dihamili dan menghamili sebelum nikah.. mesti sama-sama menjaga yang berharga yang ada dalam diri kita..

Lhaaaaaa.. kok malah saya jadi kaya orang tua gene ya.. klasik lagi petuah-petuahnya.. tapi itulah fakta sebenarnya..

Percayalah saya.. dalam video tersebut juga bisa disaksikan.. seberapa kuat pengaruh keberdosaan dan kerusakan total yang ada dalam diri manusia sejak dilahirkan ke dunia.. seberapa liarnya mata “seorang pria” jika melihat tubuh indah seorang wanita.. seberapa kuat sinyalnya yang langsung bisa nyala seketika.. hehehe..

Tinggalkan Balasan

