NGGA CUKUP HANYA OBAT

Dalam video ene bisa kita liat (ilustrasi).. seorang kakak (mungkin) berusaha memberikan penghiburan buat adeknya yang sedang sakit dengan selang oksigen di hidung.. yang saya tangkap dari tindakan itu.. ngga cukup hanya sekedar memberikan obat.. tapi juga perlu memberikan PENGHIBURAN..

Bapa pun sejak awal menyadari akan pentingnya penghiburan buat anak-anak-Nya.. oleh sebab itulah Bapa mengutus Roh Kudus dalam nama Yesus untuk menjadi PENGHIBUR kita..

——

Dalam Bahasa Yunani.. kata penghibur tertulis dengan kata “parakletos” (http://sabdaweb.sabda.org/tools/lexicon/?w=3875)

Kata “parakletos” sendiri artinya sangat luas.. bisa Penghibur, Penolong, Penasehat dan Pembela..

Namun dalam TB LAI (Injil Yohanes).. beberapa kali kata “parakletos” diartikan dengan kata PENGHIBUR.. karena jika melihat konteksnya.. menunjukkan bahwa pada saat itu, Roh Kudus diberikan kepada murid-murid yang sedang dalam PENDERITAAN dan KESEDIHAN karena kehilangan kehadiran Yesus..

Saat ene pun hingga kedatangan Yesus yang kedua kalinya.. Roh Kudus tetap bekerja dalam hidup orang-orang percaya.. dan tujuan dari diutusnya Roh Kudus tetap belum berubah..

Roh Kudus diutus untuk menghibur kita, diantaranya menghibur kita dari :

1. Penderitaan dan kesedihan

Penghiburan dari Roh Kudus tidak tergantung hanya pada sikon-sikon tertentu.. penghiburan-Nya tetap bisa kita alami dalam keadaan sakit, susah, miskin, menderita, kegagalan, kesepian, patah hati, dll, dsb..

Supaya kita tetap bersukacita dan mempunyai damai di tengah-tengah penderitaan dan kesukaran..

Jika kita perhatikan.. ngapain Bapa kok pake ngutus Roh Kudus untuk jadi Penghibur ??? perlu Penghibur jadi tandanya hidup orang percaya pasti banyak masalah, penderitaan dan kesedihan dong ???

Secara tersirat hal ini menunjukan bahwa ikut Tuhan bukan berarti segala sesuatunya akan beres, segala penyakit akan sembuh, dijamin kaya dan sukses, dll, dsb..

Karena kalo semuanya beres dan aman-aman aja.. pasti kita ngga butuh Roh Kudus lagi sebagai Penghibur dan Penolong.. ngga butuh Roh Kudus, jadi tandanya ngga ber-Tuhan lagi..

2. Dosa-dosa yang kita akui

Roh Kudus akan membela kita dari intimidasi Iblis atas dosa-dosa yang sudah kita akui, yang sudah kita bereskan.. menghibur kita untuk mengatasi semua itu.. membawa kita kembali pada sukacita dan damai yang semula..

Roh Kudus hanya menghibur untuk kesedihan kita karena dosa-dosa yang sudah bereskan aja.. kalo belum dibereskan ato kita sedang melakukan perbuatan dosa gitu.. lalu dalam pikiran kita muncul berbagai alasan untuk membenarkan dosa.. lalu karena pembenaran itu, kita jadi merasa terhibur.. hal seperti itu jelas bukan dari Roh Kudus.. tapi dari setan biadab..

Karena Roh Kudus ngga mungkin nutup-nutupi dosa.. karena Roh Kudus adalah “Roh Kebenaran” (Yohanes 14:17).. mempunyai tugas-tugas —> mengajar kebenaran (Yohanes 14:26).. menyadarkan dosa dan membuat kita bertobat dari dosa (Yohanes 16:8).. dan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran (Yohanes 16:13)..

——-

Dan tujuan Roh Kudus dalam menghibur.. bukan hanya sekedar untuk menghibur kita..

Namun.. supaya kita bisa menjadi penghibur juga seperti DIA..

“Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.” (Lukas 22:32)

“Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah. Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga.” (2 Korintus 1:3-6)

So.. mari mulai menghibur sesama kita yang ada dalam penderitaan dan kesedihan..

DIHIBUR UNTUK MENGHIBUR.. DIPULIHKAN UNTUK MEMULIHKAN.. DIBERKATI UNTUK MEMBERKATI !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: