PENAMPILAN LAHIRIAH

“Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.” (1 Petrus 3:3-4)

Ngomongin soal dandan.. sekarang ngga cuma cewek aja.. cowok pun pada doyan sama yang namanya dandan..

Jadi inget zamannya SMA.. temen-temen cowok kelas sebelah, bela-belain bawa kaca dari rumah untuk diletakan pada dinding kelas bagian belakang.. ngga hanya kaca tapi sisir, minyak rambut, kalo ngga salah tisu juga ada.. mereka menyebut benda-benda itu dgn nama ASET KETAMPANAN..

Saya tau pasti apa yang mereka lakukan dengan kaca itu.. karena saat jam kosong ato istirahat gitu, saya selalu nongkrong di kelas mereka.. bukan utk ikutan dandan, ngaca, sisir ato minyak rambutan juga.. tp murni cuma nongkrong aja (karena sahabat-sahabat saya banyak di kelas itu).. gimana mau ikut sisir & pake minyak rambut segala, lha wong rambut kepala saya aja, dari dulu ngga lebih panjang dari alis saya.. hehehe..

Kaca yang ada di dinding bagian belakang kelas itu.. tetap nempel dari bulan-bulan awal masuk kelas 3 sampek mereka lulus.. salut dengan prestasi dan konsistensi mereka dalam mempertahankan hakekat ketampanan lewat kebiasaan berdandan.. hehehe..

—–

Ngga ada yang salah kalo kita memperhatikan penampilan luar kita..

Karena secara tersirat ato ngga langsung dalam Efesus 5:29 pun, telah menunjukan kalo kita harus memelihara dan merawat tubuh..

Memperhatikan penampilan luar ngga hanya dengan cara “menghias tubuh”.. tapi dengan “memelihara kesehatan tubuh” juga.. misal selain berdandan, kita juga harus menjaga makanan, berolahraga, dll, dsb..

Namun, semuanya tetap ngga boleh berlebihan.. “menghias tubuh” ngga boleh berlebihan.. “menjaga makanan” ngga boleh berlebihan sampek anoreksia segala.. olahraga ngga boleh berlebihan sampek tipes, dll, dsb segala..

—–

Ngga ada yang salah kalo kita memperhatikan penampilan luar kita..

Tapi semuanya jadi salah.. kalo kita bisa beli perhiasan, pakaian, sepatu, jam tangan, dll yang harganya jutaan.. tapi pelitnya minta ampun kalo ngasih persembahan..

Tapi semuanya jadi salah.. kalo kita bisa menggunakan waktu untuk olahraga, dandan, memperhalus kulit, ndempul wajah berjam-jam.. tapi untuk berdoa dan membaca Firman aja ngga ada waktu..

—–

Yuk.. bareng-bareng tetap memperhatikan “penampilan luar” kita.. “penampilan lahiriah” kita.. asal ngga berlebihan..

Karena “penampilan lahiriah” terbatas gunanya.. ada gunanya tapi manfaatnya hanya untuk di dunia..

Yuk.. bareng-bareng selaen memperhatikan “penampilan lahiriah”.. juga memperhatikan “penampilan batiniah”..

Memperhatikan ibadah kita.. agar “penampilan batiniah”.. “tampan batiniah”.. “cantik batiniah”.. bisa sama-sama kita miliki..

Karena ibadahlah yang berguna dalam segala hal.. mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.. (1 Timotius 4:8)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: