BLAK-BLAKAN AJA

Dalam Ibadah TRINITY FELLOWSHIP CENTRE (http://www.facebook.com/photo.php?pid=31139153&o=all&op=1&view=all&subj=153248438035837&id=1278294848) yang bertemakan tentang keluarga pada hari Rabu, 27 Oktober 2010 lalu..

Pembicaranya sempat “menyinggung” tentang istri yang ngga pernah terbuka sama suami hingga sepuluh tahun usia pernikahannya..

Ngga pernah terbuka kalo si istri tersebut, udah ngga perawan sebelum menikah.. pernah bersetubuh dengan pria laen sebelum menikah dengan suaminya..

Satu “hal kecil” yang saya tangkap dari bagian cerita itu.. dan hal itu pula yang saya terapkan sejak awal bila “berhubungan” dengan wanita.. yaitu BLAK-BLAKAN..

Blak-blakan dalam banyak hal.. terbuka dalam semua hal.. ngga ada yang ditutup-tutupi.. ngga ada yang disimpan rapi dibalik laci..

Bukan hanya tentang urusan masih perjaka ato udah nggak perjaka.. bukan hanya urusan tentang perawan ato udah ngga perawan.. tapi tentang semua yang ada dalam diri kita..

Hal-hal yang berkaitan dengan keluarga kita, pekerjaan kita, berapa gaji kita, sifat-sifat ato kebiasaan-kebiasaan buruk apa yang kita miliki.. mungkin suka ngiler waktu tidur.. tukang kentut.. de el el, de es be..

Semuanya mesti blak-blakan.. emang berisiko sih, kalo mesti pake cara seperti itu.. bisa-bisa pasangan jadi ilang feeling setelah tau semua kekurangan kita.. tapi itu jauh lebih baek, karena lewat blak-blakan seperti itu, cinta pasangan juga bisa teruji..

Dari pada menutupi banyak hal di awal.. ngga blak-blakan sejak awal.. bisa merugikan diri sendiri dan diri pasangan di kemudian hari..

Dengan blak-blakan sejak awal.. bisa menghindarkan diri dari tsunami, letusan gunung berapi, gempa dan bencana yang lebih besar saat udah berumah tangga nanti..

Ya.. kata kuncinya adalah blak-blakan..

Blak-blakan pula yang ada dalam Alkitab kita.. kitab yang menjadi pedoman hidup kita..

Di dalam Alkitab, khususnya dalam Perjanjian Lama tercatat kisah-kisah manusia secara blak-blakan, apa adanya dan ngga ada yang ditutup-tutupi..

Semua kesalahan tokoh-tokoh yang ada dalam Alkitab.. Dosa-dosa yang telah diperbuat dan akibat-akibatnya telah ditunjukan semua.. supaya bisa menjadi pelajaran yang berharga dan ngga perlu terulang kembali..

Salah satu contohnya jika kita membaca sejarah yang tercatat dalam Kitab 2 Samuel.. didalamnya akan ditemukan sejarah dari sebuah kerajaan dan rajanya yang diceritakan secara blak-blakan.. semuanya diceritakan secara gamblang.. yang seronok dan yang menjijikan pun juga diceritakan..

Alkitab ngga pernah nyembunyi’in kebejatan tokoh yang ada di dalamnya.. semua sisi ditulis secara blak-blakan.. semua sisi ditulis tanpa adanya rekayasa..

Bahkan nabi-nabi pun ngga luput dari “catatan-catatan dosa”.. kemaren waktu saya mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan “pelacur bakti”.. saya jadi tau tentang “catatan dosa” Nabi Elia..

Sikap blak-blakan pula yang harus kita miliki bila berhubungan dengan Tuhan..

Akui semua dosa kita.. ngga perlu ada yang ditutup-tutupi.. ngga usah muter kesana kemari..

Kalo habis mandi ke dalam kubangan yang sama.. kalo habis menjilat muntah sendiri.. kalo habis ngelakuin kesalahan.. kalo habis berbuat dosa.. ya langsung dateng aja sama Tuhan untuk minta ampun dan berdoa..

Ngga perlu pake “nyogok” Tuhan dengan penyembahan kita.. ngga perlu pake “nyuap” Tuhan dengan persembahan kita..

Karena semua penyembahan dan persembahan kita ngga akan diterima-Nya jika kita belum mengakui dosa.. belum “berdamai” dengan-Nya.. belum “blak-blakan” di hadapan-Nya..

“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” (1 Yohanes 1:9)

1 Komentar (+add yours?)

  1. JALANTERANG
    Nov 08, 2010 @ 12:10:23

    Yupz,kita harus blak2an dlm menilai sesuatu.
    Salam.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: