Tuhan Tidak Pernah Mencobai

“Sabar, mungkin itu cobaan Tuhan.”

Kalimat seperti itu sering kali saya dengar, entah sudah berapa ratus kali saya mendengarnya sejak remaja hingga sekarang. Kalimat (perkataan) yang umum kita dengar ini, sering digunakan seseorang untuk menghibur orang lain yang sedang dalam kesusahan, penderitaan atau persoalan hidup yang ribet binti ruwet.

Sekilas kita mendengarnya biasa saja, nggak ada yang salah dalam kalimat seperti itu. Malah sepertinya indah didengar oleh telinga, karena pake bawa-bawa nama Tuhan segala. Bahkan, dalam taraf tertentu kata-kata seperti itu memiliki “kekuatan” jika digunakan untuk penghiburan, bisa jadi obat penawar untuk sekedar melupakan masalah.

Saya pribadi sih, sangat setuju dengan kata “sabar-nya”, karena ini merupakan ciri khas (panjang sabar) yang harus dimiliki oleh orang percaya, harus menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar. Bahkan, bukti kasih yang kita miliki salah satunya adalah kesabaran kita menghadapi tekanan dalam hidup ini.

Namun, saya sangat nggak setuju dengan kalimat “mungkin itu cobaan Tuhan”, sangat nggak setuju dengan kalimat yang kosong ini, sangat nggak setuju kalau kita bilang bahwa segala penderitaan dan kesulitan di dalam hidup kita berasal dari kehendak Tuhan. Dengan kata lain, kita sering menganggap Tuhan lagi mencobai kita.

Tuhan sama sekali nggak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Tuhan sendiri nggak mencobai siapa pun. Kebenarannya adalah kita dicobai oleh keinginan-keinginan kita sendiri, keinginan-keinginan yang nggak sesuai dengan kehendak Tuhan. Jadi, kalau kita yang bikin salah karena sudah membuka celah, jangan lantas Tuhan yang disalah-salahin sedang ngasih cobaan ke kita dong.

Untung Tuhan nggak marah tuh disalah-salahin mulu, malah balik berbaik hati sama kita. Saat kita masuk ke dalam pencobaan, Tuhan sedang menjadikan keadaan itu sebagai proses membentuk kita untuk semakin sempurna dan kuat dalam iman. Lewat pencobaan itu hidup kita makin dimurnikan, semakin sesuai dengan yang dirancangkan Tuhan pada kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: