Masih Banyak Penjajah Berkeliaran di Indonesia?

Tahun 1952, setelah tujuh tahun Bangsa Indonesia merdeka, di seluruh Indonesia hanya ada 5 Universitas, 92 SMA dan 332 SMP. Keseluruhan jumlah sekolah itu untuk memenuhi pendidikan penduduk Indonesia yang berjumlah 70 juta (data tersebut dari berbagai sumber – bisa saja tidak akurat).

Dari data di atas, implisit pesan yang bisa didapat di dalamnya adalah “Kekuatan Penjajahan” tidak pernah memikirkan pengembangan sumber daya manusia, yang mereka pikirkan hanya sumber daya alam yang bisa diambil dari Indonesia. Menjajah sebegitu lama, yang mereka pikirkan hanya mengeruk sumber daya alamnya, bukan manusianya yang bisa dikembangkan juga dengan memberikan pendidikan lewat mendirikan banyak sekolah.

Saat ini Indonesia sudah 67 tahun merdeka, jika di Indonesia hari ini, jumlah sumber daya alamnya lebih diketahui : oh masih ada tambang minyak di sana, oh masih ada tambang batu bara di sini, oh ini, oh itu. Semua oh-oh lainnya yang lebih diketahui daripada jumlah guru yang ada di Indonesia, seperti : masih kekurangan banyak guru di daerah ini, masih butuh banyak tenaga pengajar di daerah sana. Maka, hal itu menandakan masih banyak penjajah berkeliaran di Indonesia.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: