Bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang memiliki masyarakat dengan nilai keluarga yang kuat.

Catatan ini bermula dari obrolan saya dengan seorang rekan (pukul 21.30 WIB) :

Dalam telepon terdengar suara anak-anak kecil. Sejak awal hingga menjelang berakhirnya obrolan, suara anak-anak tersebut masih saja tetap terdengar. Rupanya rekan saya tersebut sedang berkumpul bersama anak-anaknya dalam satu ranjang (bahasa jawanya : ngeloni).

Lewat aktivitas rekan saya tersebut, mengingatkan saya akan sebuah negara yang besar dan maju, negara tersebut adalah Australia. Meskipun Australia merupakan negara yang besar dan maju, pusat perbelanjaannya (mall) selalu tutup setiap hari Sabtu dan Minggu (weekend). Kok bisa ya? Hari kerja pun, Mall hanya buka hingga menjelang petang.

Hal itu terjadi karena masyarakatnya lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, daripada harus keluyuran di Mall. Merupakan hal yang sia-sia bagi pengelola Mall, jika tetap beroperasi pada hari libur atau hingga malam hari. Itu kenapa pada saat hari kerja pun, Mall di sana pada saat menjelang petang sudah tutup.

Sangat jauh berbeda dengan yang ada di negara kita. Mall akan sangat ramai pengunjungnya, justru pada saat weekend. Pada saat hari kerja pun juga berlaku seperti itu, ketika selesai dari beraktivitas seharian, terkadang masyarakat kita lebih memilih untuk menghabiskan waktu ke Mall.

Entah tujuannya menghabiskan waktu ke Mall itu hanya sekedar untuk makan malam, beli ini atau beli itu. Bahkan, ada yang lebih ekstrim lagi, melanjutkan kegiatan ‘nge-mall-nya’ (setelah makan, beli ini dan itu) dengan nonton bioskop yang session midnite.

Dari hal yang sepele dan kecil seperti ini, kita bisa menangkap hal yang besar di dalamnya. Negara Australia bisa maju dan besar, karena masyarakatnya memiliki Family Values yang sangat tinggi.

Mereka lebih memilih kumpul bersama dengan keluarga setiap harinya, meningkatkan kualitas hubungan antara anggota keluarga setiap minggunya. Tujuannya agar keluarga makin harmonis : suami makin sayang isteri (begitu juga sebaliknya), orang tua makin mengenali anak-anaknya, anak-anak makin menghormati dan tidak merasa asing terhadap orang tuanya.

Kesimpulannya adalah : Bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang memiliki masyarakat dengan nilai keluarga yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: