Salah satu tokoh yang membuat saya heran dengan rasa memuji adalah Gus Dur.

Merindukan sosok seperti beliau hadir kembali memberikan pengaruh yang kuat bagi bangsa ini. Cukup banyak sejarah yang telah dibuat Gus Dur bagi bangsa ini, diantaranya adalah gigih memperjuangkan keberagaman dan sikap pluralisme di Indonesia. Perjuangan itu nampak dengan diakuinya salah satu agama pada era pemerintahan Gus Dur dan diterimanya etnis tertentu yang sebelumnya hanya dianggap sebagai warga negara kelas dua (orang asing).

Dalam lirik Syi’ir Tanpo Waton buah karya beliau, ada satu bagian dalam liriknya yang berkesan buat saya dan mengingatkan saya secara tidak langsung (liriknya kerap kali saya dengar lewat speaker yang bersumber dari rumah-rumah ibadah), yang berbunyi sebagai berikut : “Seneng ngafirkeh marang liyane, kafir’e dewe gak digatekke, yen isih kotor ati akale.” (Senang mengafirkan orang lain, tapi kafirnya sendiri tidak diperhatikan, padahal masih kotor hati dan pikirannya.)

Bagi mereka yang berprofesi sebagai PNS, bisa merasakan gaji pokok “selayak” sekarang, itu semua juga berkat kebijakan yang terjadi di era pemerintahan Gus Dur. Sepanjang sejarah pemerintahan yang ada, hanya Gus Dur yang “nekat” menaikkan gaji pokok PNS hingga mencapai 300 %. Selain pemerintahan Gus Dur, hanya mampu menaikan gaji pokok PNS pada level aman (mengikuti tingkat) inflasi saja, termasuk untuk Tahun 2013 nanti.

Jika Gus Dur tidak pernah melakukan gebrakan pada saat itu, mungkin nasib PNS akan jauh lebih mengenaskan daripada buruh. Saat ini saja, gaji pokok CPNS Golongan Ruang III/a dengan latar pendidikan S-1 masih lebih rendah bila dibanding dengan standart UMK Tahun 2013 untuk Kota Surabaya sebesar Rp 1.740.000,- (Satu juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah). Buruh dengan latar belakang pendidikan SMA sederajat saja bisa mendapatkan upah yang lebih tinggi dari gaji pokok CPNS Golongan Ruang III/a.

Saat mengenang Gus Dur, saya selalu memperhatikan lirik lagu yang secara tidak sengaja saya temukan di youtube : http://youtu.be/ST6Q9JoQxdM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: