Tuyul di Hari Peringatan Kenaikan Yesus

Dalam filosofi suku Jawa, ketika seseorang telah berkeluarga, namun belum memiliki rumah, masih kontrak atau indekos, kerap kali seseorang tersebut dianalogikan seperti tuyul. Tuyul yang dalam mitologi Jawa merupakan makhluk halus berwujud anak kecil dengan kepala gundul, memiliki warna kulit keperakan dan bersuara seperti anak ayam.

Mengapa dianalogikan seperti tuyul? Karena tuyul bekerja mencuri uang untuk diberikan kepada majikannya, sama halnya dengan seseorang yang bersusah payah bekerja mencari uang, tapi hanya untuk diberikan kepada pemilik kontrakan atau kos-kosan. Dalam bahasa Jawa, filosofi itu berbunyi sebagai berikut: “Kerjo soro-soro, dadi tuyule juragan.” (Kerja susah payah, jadi tuyulnya majikan.)

Tempat tinggal memang sangat diperlukan bagi sebuah keluarga, selalu menjadi pergumulan yang serius bagi pasangan yang telah menikah, baik pasangan muda, maupun pasangan yang lanjut usia. Jangankan yang sudah menikah, saya pribadi yang belum menikah pun, bergumul tentang pentingnya memiliki tempat tinggal yang tetap saat berkeluarga kelak, tidak menjadi tuyul yang kontrak rumah atau indekos.

Melalui kenaikan Yesus yang diperingati hari ini (9/5/2013), mengantarkan saya pada sebuah refleksi yang terkait dengan ketersediaan tempat tinggal bagi pasangan yang telah menikah. Tak ada yang perlu dikuatirkan di dunia ini, jika Yesus yang telah naik ke sorga untuk menyediakan tempat tinggal bagi kita, jika Yesus yang telah memikirkan dengan baik tempat tinggal kita sesudah kematian, pasti Yesus juga akan memikirkan ketersediaan tempat tinggal bagi kita selama ada di dunia ini.

Yesus tidak akan biarkan kita menjadi tuyul, karena kita memang bukan tuyul yang gagal, tuyul yang (dipercaya) berasal dari kehamilan yang gagal, tuyul yang berasal dari janin wanita yang keguguran, tuyul yang berasal dari bayi yang mati ketika dilahirkan, tuyul yang bekerja untuk tujuan yang menyesatkan. Dengan kenaikan Yesus ke sorga, setiap kita telah menjadi pemenang, bukan tuyul yang gagal.

Selamat memperingati hari kenaikan Yesus ke sorga. Stay blessed.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: