Loyalitas Dalam Profesi Keolahragaan

Loyalitas adalah kesetiaan, kepatuhan, ketaatan, komitmen dan pengorbanan (menurut KBBI: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/). Dalam konteks profesi, loyalitas adalah kesetiaan dalam dedikasi yang penuh tanggung jawab dan siap berkorban demi profesi yang dijalani.

Misal dalam profesi keolahragaan: Jika seorang atlet atau pelatih telah berkomitmen untuk membela suatu daerah (organisasi, negara, dsb) tertentu, maka seorang atlet atau pelatih tersebut harus menunjukan kesetiaan dalam dedikasi yang penuh tanggung jawab dan siap berkorban bagi daerah (organisasi, negara, dsb) asalnya. Saat tawaran dari daerah (organisasi, negara, dsb) lain yang lebih baik dan menggiurkan datang bagi atlet atau pelatih tersebut, maka loyalitas yang menunjukan kepatuhan dan ketaatan menjalani komitmen dalam berdedikasi bagi daerah (organisasi, negara, dsb) asal tetap bisa dimunculkan.

Bukan seperti kasus yang banyak terjadi, saat tawaran yang lebih baik datang dari daerah (organisasi, negara, dsb) lain, maka dengan mudah seseorang menurunkan standart loyalitas-nya. Lebih memilih untuk meninggalkan daerah (organisasi, negara, dsb) asal yang telah menghidupinya selama ini, untuk mendapatkan yang lebih baik dari daerah (organisasi, negara, dsb) lain. Namun, saat gemerlap prestasi yang dimiliki telah memudar, memilih untuk kembali ke daerah (balik kucing) asal dengan sisa-sisa prestasi yang tak seberapa.

Kasus lain yang lebih mengenaskan adalah atlet dan pelatih tidak pernah (berani) pindah daerah (organisasi, negara, dsb) lain, tetapi keadaan hati yang sesungguhnya telah mendua. Alasan atlet dan pelatih tersebut tidak pernah pindah daerah (organisasi, negara, dsb) lain, karena daerah (organisasi, negara, dsb) lain belum benar-benar yakin akan menggunakan tenaga dan prestasinya. Namun, saat daerah (organisasi, negara, dsb) lain telah benar-benar yakin akan menggunakan tenaga dan prestasinya, maka daerah (organisasi, negara, dsb) asal pun dengan mudah akan dicampakannya.

Selamat berkontribusi bagi profesi yang kita jalani dengan loyalitas yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: