Tahun Yang Babak Belur

Pada penghujung tahun 2014 ini, saya teringat dengan cerita Elfrita Shanty tentang rangkaian make up pengantin yang dilaluinya menjelang dilaksanakan pemberkatan pernikahan kami (19/12/2014). Pada salah satu rangkaian make up yang dilaluinya, sempat ada bagian yang membuat Elfrita terkejut, karena “foundation dan concealer” yang dioleskan pada wajah menjadikannya tampak seperti “babak belur”. Meski terkejut, Elfrita tetap tenang dan menikmati setiap proses yang ada, karena Elfrita mengetahui bahwa bagian yang tidak disukainya tersebut bukanlah akhir dari proses make up, perias masih belum selesai merias wajah Elfrita secara utuh.

Buah dari ketenangan Elfrita dapat dipetiknya saat saya datang menjemput, setelah Elfrita lebih dulu bersukacita menyaksikan keindahan hasil riasan, saya pun menyusul bersukacita dengan memuji keindahan hasil riasan yang melekat pada wajah cantik Elfrita. Selesai kami bersukacita, kami pun berangkat bersama untuk melangsungkan pemberkatan pernikahan. Tanpa ketenangan dalam setiap proses riasan yang ada, mungkin kami belum siap melangsungkan pemberkatan pernikahan. Tanpa menikmati setiap proses riasan yang ada, mungkin kami belum siap untuk merasakan sukacita yang jauh lebih besar karena dipersatukan di dalam Tuhan.

Melalui cerita tersebut, saya mendapatkan refleksi akhir tahun tentang kehidupan yang kita lalui sepanjang tahun ini. Sang Perias Agung mungkin sedang mengoleskan “foundation dan concealer” dalam perjalanan hidup kita, yang membuat kita terkejut karena semuanya menjadi “babak belur”. Sekalipun semuanya tampak “babak belur”, tetaplah tenang dalam setiap proses riasan yang ada. Jangan fokus pada bagian “babak belur”, karena bagian yang tidak kita sukai ini bukanlah akhir dari proses yang ada. Sang Perias Agung belum selesai meriasnya secara utuh, tetaplah menikmati setiap proses riasan yang ada hingga pada waktunya nanti keindahan hasil riasan itu dapat kita saksikan, dan sukacita yang melampaui segala akal dapat kita rasakan.

Selamat Tahun Baru 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: