Merepotkan Diri Demi Ibu Pertiwi

DSC08249

Belakangan ini sering terdengar ungkapan: guru zaman sekarang tidak mau repot terhadap banyak hal yang berhubungan dengan perkembangan peserta didik. Ada banyak versi tentang ungkapan tersebut, versi yang paling sederhana adalah guru zaman sekarang tidak mau repot mengajar siswa untuk membaca, menulis dan berhitung (calistung) pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Itu sebabnya banyak sekolah yang mengadakan tes calistung bagi calon peserta didik yang akan masuk sekolah dasar, karena hanya dengan menerima calon peserta didik yang sudah menguasai calistung, maka guru tidak perlu repot-repot lagi mengajarkan calistung pada peserta didik.

Sepertinya yang mengungkapkan ini ada baiknya datang ke tempat kami terlebih dahulu sebelum memberikan komentar nyiyir seperti demikian, karena dengan datang ke tempat kami akan mengetahui bagaimana kerasnya proses yang harus kami lalui dalam menghadapi tipikal setiap peserta didik yang ada di Surabaya Utara, bukan hanya tipikal yang berkaitan dengan ranah kognitif, namun bekaitan pula dengan ranah afektif dan psikomotor-nya.

Selama enam tahun saya berada pada salah satu satuan pendidikan jenjang sekolah dasar yang ada di Surabaya Utara, saya banyak menjumpai guru-guru hebat yang mau repot untuk banyak peserta didik yang memang benar-benar bikin repot. Selama enam tahun saya banyak menjumpai guru-guru yang penuh dedikasi tinggi, karena mau repot untuk membuat peserta didik memiliki pribadi yang berkembang ke arah yang lebih baik dalam banyak sisi, dan proses belajar mengajar pun dapat berjalan sesuai tujuan–meski harus menggunakan parameter tersendiri.

Dari bagian utara Kota Surabaya, kami ucapkan selamat memasuki tahun ajaran baru bagi seluruh pendidik di Indonesia, selamat berkarya dan selamat merepotkan diri demi Ibu Pertiwi. Jauh lebih baik bila setiap peserta didik merepotkan kita, daripada merepotkan bangsa dan menjadi beban negara pada masa yang akan datang. Maju Terus Pendidikan Indonesia! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: